Senin, 03 November 2014

Juara MFQ tingkat Kabupaten Bondowoso 2014

MUSABAQAH FAHMIL QUR AN (MFQ)

Musabaqah Fahmil Qur an ( MFQ ) adalah suatu perlombaan tentang pengetahuan seputar alquran dengan cara atau sistem seperti cerdas cermat dan merupakan salah satu cabang yang sangat komplek dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur an ( MTQ ), karena didalam MFQ semua peserta dituntut untuk menguasai seluruh ilmu pengetahuan tentang Alqur an, diantaranya adalah : 
1. tajwid, 
2. kandungan ayat, 
3. terjemah, 
4. lagu-lagu qira'at, 
5. asbabun nuzul, 
6. mawaris, 
7. kisah-kisah terdahulu, 
8. hukum, hadits, 
9. meneruskan ayat alqur an, 
10. mencari ayat dengan kamus Fathurrahman, 
11. sejarah islam
dan lain sebagainya, oleh karenanya semua peserta MFQ harus mempunyai keuletan dan kemampuan untuk menghafalkan seluruh rangkaian soal-soal MFQ yang ditanyakan oleh para dewan hakim.
Dalam MTQ Tingkat kabupaten di Bondowoso tahun 2014 ini, peserta MFQ adalah sebanyak 16 Group masing-masing Group terdiri dari 3 orang. dan dilaksanakan selama 2 hari tanggal 27-28 Oktober 2014 di Aula Bank Jatim (BPD).
Setelah melalui beberapa rangkaian perlombaan mulai babak penyisihan sampai final, maka diperoleh hasil kejuaraan MFQ yaitu :


REKAPITULASI JUARA MFQ

JUARA I MTs. AT TAQWA DIANA DKK
JUARA II MAN BONDOWOSO
NAF'AN DKK
JUARA III
TENGGARANG SAYYID ALWI ALMALIKI
YUSRON DKK
HARAPAN I PAKEM SRI WAHYUNI DKK
HARAPAN II TAPEN ASFIHANA DKK
HARAPAN III TLOGOSARI

LIZA QURROTU UYUN DKK

Mudah-mudahan kedepan Bondowoso dengan semakin meluasnya informasi tentang MTQ ke seluruh pelosok desa se kabupaten Bondowoso, bisa berpeluang untuk menjuarai event-event MTQ lainnya baik tingkat Provinsi, Nasional maupun internasional.
Oleh karenanya dukungan semua pihak terkait seperti LPTQ Kabupaten, Pemerintah Daerah, Kantor Kementeria Agama kabupaten Bondowoso, para ulama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat bondowoso sangat menentukan kemajuan dan perkembangan per MTQ an di Kabupaten Bondowoso.Ianz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar